Rabu, 08 November 2023

Penjelasan dari Turbocharger Fungsi dan Cara Kerja

 

Turbocharge


Turbocharge atau biasa disebut turbo merupakan sebuah komponen yang menggunakan udara dari pembuangan hasil pembakaran untuk menambah udara yang masuk ke ruang bakar. Turbo merupakan salah satu komponen dari sistem udara atau air induction system yang berfungsi sebagai memaksimalkan udara yang masuk ke ruang bakar.


Kenapa turbo sangat diperlukan terutama pada engine/mesin diesel. Diperlukannya turbo untuk menambah power/tenaga dari engine/mesin, karena sebuah engine/mesin diesel itu merupakan engine/mesin yang menghasilkan power/tenaga yang besar dari pada engine/mesin bensin. Adanya turbo juga membantu mengurangi emisi gas buang dari hasil pembakaran, hal ini terjadi karena tidak adanya bahan bakar yang tidak terbakar sempurna saat proses pembakaran.







Cara kerja turbo, pertama – tama saat engine/mesin mulai running/berkerja udara yang dari combustion chamber/ruang bakar yang sudah terbakar akan keluar menuju lubang exhaust manifold, selanjutnya udara hasil pembakaran akan masuk melalui samping ke komponen pada turbo yaitu turbin untuk memutar impeller/kipas dari turbin, selanjutnya udara udara tersebut akan keluar melalui jalur Tengah dari turbin dan akan dibuang menuju muffeler dan dibuang ke keluar.


Setelah itu, karena impeller pada turbin terbung juga dengan impeller pada komponen compressor yang terhubung melalui shaft, maka otomatis impeller compressor ikut berputar, kemudian udara, akan disedot melalui jalur tengah pada compressor, dan dikeluarkan melalui samping yang akan menuju after cooler/inter cooler/pendingin udara dan lanjung menuju intake manifold dan menuju ruang bakar yang kemudian akan dibakar dan keluar munuju exhaust manifold dan menuju turbo dan seterusnya siklur itu berulang hingga engine/mesin dimatikan.


Itulah cara kerja dari turbocharger, sebuah komponen yang memiliki cara kerja yang mudah dimengerti akan tetapi jika memiliki problem akan berpengaruh besar pada engine/mesin. Perlu dicatat, turbo memiliki kekurangan karena yaitu panas, hal ini terjadi karena turbo yang memanfaatkan gas buang hasil pembakaran yang tentu memiliki panas. Panas ini yang tentu akan mengurangi molekul udara yang akan masuk ke ruang bakar menjadi berkurang yang tentu akan membuat pembakaran yang tidak sempurna. Karena inilah ditambahkannya komponen after cooler/inter cooler/pendingin udara, berfungsi mengurangi suhu yang tinggi dari udara yang akan masuk ke ruang bakar sehingga dapat membuat molekul udara menjadi banyak dan padat kembali.


Comments