Jumat, 14 Desember 2018

Jenis - Jenis Ban | Ban Bias, Ban Radial, dan Ban Tubeless


Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan entah itu motor ataupun mobil. Ban memiliki fungsi sebagai peredam kejut atau benturan dengan jalan sehingga getaran tidak sampai ke pengemudi. Ban pada kendaraan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu ban bias, ban radial, dan ban tubeless.


Ban Bias


Ban jenis ini terbuat dari lapisan serat yang dibuat dengan arah yang miring. Kelebihan dari ban bias ini adalah memiliki tread yang yang memiliki daya serap terhadap benturan yang baik memberikan pada saat berkendara. Akan tetapi terdapat kelemahan dari ban bias ini yaitu ketahanan terhadap keausan yang kurang apabila dibandingkan dengan ban radial.








Ban Radial



Berbeda dengan ban bias yang lapisan seratnya dibuat dengan arah miring, ban radial lapisan seratnya dibuat menyilang pada lingkar ban. Dan pada ban jenis ini lapisan seratnya ditambah dengan lapisan sabuk dengan arahnya yang searah lingkaran ban.


Pada ban radial yang sabuknya terbuat dari serat baja. Ban ini disebut ban radial baja. Untuk kelebihan ban radial baja ini adalah ketahan terhadap guncangan dan keausan lebih baik dibandingkan dengan tipe bias, namun kurang pada saat melewati jalanan yang tidak rata.



Ban Tubeless








Ban tubeless adalah ban yang didalamnya tidak terdapat ban dalam seperti ban pada umumnya. Ban jenis ini bagian dalamnya dilengkapi dengan suatu lapisan yang akan menghambat tekanan udara yang keluar saat ban tertusuk benda tajam, sehingga ban tubeless tidak akan langsung kempes. Untuk usia/keawetan dari ban tubeless bisa dapat dipakai hingga 1,5 tahun berbeda dengan ban yang lainnya yang dapat bertahan hingga 2 tahun.

Comments