Selasa, 12 Maret 2019

5 Lapisan Atmosfer Yang Ada Di Bumi


Pengertian


Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti sebuah planet, termasuk bumi. Ketinggian dari atmosfer bumi berada antara 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari permukaan bumi.


Atmosfer bumi terdiri dari nitrogen (78.17%), oksigen (20.97%), argon (0.9%), karbondioksida (0.03%), uap air, krypton, neon, xenon, hydrogen, kalium, dan ozon (0.7%).


Lapisan – Lapisan Atmosfer


Lapisan atmosfer terdiri atas lima lapisan yang memiliki ketinggian dan karakteristik yang berbeda – beda, lapisan tersebut antara lain yaitu: troposfer, stratosfer, mesosfer termosfer, dan eksosfer. Berikut ini adalah penjelasan dari kelima lapisan tersebut.


Troposfer


Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang pertama. Lapisan ini adalah lapisan paling tipis dibandingkan dengan lapisan atmosfer yang lain, sekitar kurang lebih 15 km dari permukaan tanah.


Di Lapisan ini terjadinya peristiwa cuaca seperti hujan, angin, musim salju, kemarau dan sebagainya. Pada ketinggian terendah adalah bagian yang paling hangat dari troposfer, karena permukaan bumi menyerap radiasi panas dari matahari menyerap panasnya ke udara.


Stratosfer


Lapisan atmosfer yang kedua adalah lapisan statosfer. Lapisan ini juga merupakan tempat terbangnya pesawat. Lapisan ini berada di ketinggian 12 km hingga 60 km, dan mempunyai ketebalan 48 km. Pada lapisan ini memiliki fungsi menyerap radiasi sinar ultraviolet.


Mesosfer


Mesosfer adalah lapisan atmosfer yang ketiga. Ketinggian dari lapisan ini sekitar 60 km hingga 80 km. Mesosfer memiliki suhu yang sangat dingin yaitu mencapai -100˚ C, karena susu yang sangat dingin inilah meteor yang jatuh dari luar angkasa dan mempunyai suhu yang sangat panas akan pecah menjadi bagian – bagian kecil.


Termosfer


Termosfer adalah lapisan atmosfer yang keempat. Lapisan ini juga di kenal dengan lapisan ionosfer, radiasi ultraviolet. Radiasi ini menyebabkan reaksi kimia sehingga membentuk lapisan bermuatan listrik yang dikenal dengan nama ionosfer, lapisan ini juga merupakan tempat terpantulnya gelombang radio.


Eksosfer


Lapisan atmosfer yang terakhir adalah eksosfer. Lapisan ini merupakan lapisan tertinggi dan yang paling luar diantara semua lapisan atmosfer. Pada lapisan ini terdapat refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteorik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut juga dikenal sebagai cahaya zodiakal.


Itulah penjelasan dari kelima lapisan atmosfer yang ada di bumi. Berdasarkan penjelasan diatas kesimpulan yang bisa diambil adalah lapisan atmosfer memiliki ketinggian, ketebalan, dan kandungan yang berbeda – beda pada setiap.



 

"Jika ada yang kurang jelas silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar".



 

TERIMA KASIH 
Comments