Minggu, 27 Mei 2018

Perbedaan Komet, Asteroid, Meteorid, Meteor, dan Meteorit




Pasti kalian pernah mendengar benda langit seperti komet, asteroid, meteoroid, meteor, dan meteorit. Dari benda – benda langit tersebut apakah kalian megetahui perbedaannya, jika kalian tidak tahu. Nah! di artikel kali ini saya akan menjelaskan perbedaan benda langit tersebut.


Komet


Komet adalah benda langit terdiri dari debu dan gas yang membeku. Ketika mendekati matahari, es yang terdapat di komet akan menguap dan membentuk ekor, tapi saat menjahuhi matahari debu dan gas tersebut akan membeku.


 Komet juga sering disebut sebagai bintang berekor. Komet memiliki lintasan berbentuk elips atau lonjong. Dalam mengorbit matahari, komet membutuhkan ribuan tahun untuk mnyelesaikan satu kali orbit.


Asteroid


Asteroid adalah benda langit yang ukurannya lebih kecil dari planet dan lebih besar dari meteorid, tidak seperti  planet bentuk asteroid tidak beraturan. Benda  ini sama seperti komet, dia juga mengorbit matahari. Asteroid memiliki suhu yang sangat dingin, suhu benda ini bisa mencapai -75 derajat celcius.


Meteorid


Meteorid adalah batu-batuan kecil atau partikel yang terbentuk dari pecahan komet ataupun asteroid yang terlepas. Berbeda dengan komet dan asteroid, meteorid tidak memiliki jalur lintasan meteorid tidak beraturan, yang artinya meteorid tidak mengorbit matahari.


Meteor


Meteor adalah meteorid yang sedang memasuki atmosfer bumi. Meteor ini sering disebut sebagai bintang jatuh, saat jatuh ke bumi terjadi gesekan antara gas yang ada di atmosfer dengan meteorid hal inilah yang menyebabkan meteor terbakar.


Meteorit


Meteor yang tidak habis terbakar dari atmosfer bumi dan menyentuh permukaan bumi, inilah yang disebut sebagai meteorit. Menurut jenis komposisi penyusunnya meteorit dibagi tiga jenis yaitu:
 Meteorit besi (sekitar 4,8% yang pernah ditemukan), Meteorit stony (sekitar 94% yang pernah ditemukan), dan ada juga jenis meteorit yang sangat langka, yang merupakan campuran dari stony dan besi (sekitar 1,2% yang pernah ditemukan).
Comments