Sistem Udara Pada Engine/Mesin (Air Induction System)
Sistem
Pemasukan udara Pada Engine (Air
Induction System)
Pengertian
Air Induction System
Sistem pemasukan uadara atau (Air Induction System) adalah
suatu sistem aliran udara dari tempat masuknya hingga terjadinya pembakaran di
ruang bakar sampai dengan di buang ke knalpot atau muffler. Dari yang kita
ketahui pada engine/mesin memerlukan udara untuk pembakaran, tanpa udara maka
tidak akan terjadinya sebuah pembakaran karena dalam system pembakan memerlukan
3 unsur yang sangat penting dalam system pembakaran yaitu: Bahan Bakar, Panas,
dan Udara.
Dalam artikel saya kali ini saya akan membagikan kepada parpem
( para pembaca) mengenai system bambakaran pada engine/ mesin, teman – teman
parpem saya akan menjelaskan sepengatahuan saya
karena tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada kekurangan dan kelebihan yang di miliki
masing – masing dari kita manusia. Maka dari itu artikel ini saya buat dengan
pengetahuan yang saya miliki tentang system pemasukan udara / air induction
system pada engine/ mesin terutama pada engine diesel.
Pada paragraf pertama saya sudah menjelaskan tentang
pengertian dari air induction system / system pemasukan udara pada engine
diesel, maka di paragraf selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai komponen
dan cara kerja dari air induction system. Jadi saya harap para parpem membaca
dengan lebih detail agar mudah di pahami.
Dari air induction system / system pemasukan udara memiliki
tiga jenis yaitu Natural Aspirated, Turbocharger, Turbocharger Aftercooler. Di artikel kali ini saya akan menjelaskan
yang jenisnya Turbocharger Aftercooler.
Komponen
Air Induction System
Air Cleaner/ filter udara
Air cleaner merupakan suatu komponen yang menyaring udara
dari debu dan material lainnya sebelum memasuki ruang bakar. Filter udara di
bagi menjadi dua yaitu filter udara kering dan filter udara basah, filter udara
basah biasanya pada 16.000 km, sedangkan filter udara kering waktu pergantiannya
lebih cepat pada 8.000 km sampai dengan 10.000 km. untuk filter udara kering
bisa di bersihkan dengan angin kompresor, cara penyemprotan anginnya harus dari
sisi bagian dalam keluar, dan untuk penyemprotannya jangan terlalu
kencang/bertekanan karna bisa membuat filter udara berlubang yang dapat
menyebabkan penyaringannya tidak sempurna.
Turbocharger
TurboCharge |
Fungsi dari turbocharger adalah untuk meningkatkan performa
dan effisiensi pada engine/mesin. Turbocharger juga memiliki fungsi lainnya yaitu
untuk memaksimalkan udara yang masuk ke ruang bakar pada saat engine/mesin
berada didataran tinggi, itu terjadi karena lapisan udara di dataran sangat
tipis dan bisa menyebabkan engine lo
power atau tenaga mesin melemah.
Cara kerja dari
turbocharger adalah dengan memanfaatkan gas buang hasil pembakaran dari exhaust
manifold untuk memutar turbin, tubin berputar karena ada tekanan udara dari gas
buang / exhaust manifold, karena turbin dan compressor terhubung yang
dihubungkan oleh shaft maka otomatis compressor akan ikut berputar sehingga
udara dapat di suplai ke ruang bakar.
Aftercooler
Aftercooler merupakan konponen yang berfungsi untuk
mendinginkan udara, setelah di hisap oleh turbocharge udara harus di dinginkan
terlebih dahulu, karena setelah melewati turbocharge kepadatan molekul udara
berkurang di sebabkan suhu udara menjadi panas karena komponen turbocharger
yaitu compressor berdekatan dengan turbin, dan karena turbin di putar oleh
udara hasil dari gas buang yang
menyebabkan si turbin menjadi panas. Karena turbin berdekatan dengan compressor
maka compressor pun menjadi panas yang menyebabkan udara yang melaluinya juga
menjadi panas.
Jadi setelah melalui aftercooler molekul udara menjadi lebih
padat dan hasil pembakaran juga akan semakin sempurna karena mulekul udara yang
padat udara yang disuplai juga semakin banyak.
Ruang Bakar
Mungkin sebagian dari kita tau bahwa ruang bakar merupakan
tempat dimana udara dan bahan bakar di campur dan merupakan tempat terjadinya
pembakaran. Maka dari itu saya tidak perlu membahasnya dalam lagi.
Muffler
Muffler merupaka komponen yang berfungsi sebagai peredam
suara dari exhaust manifold.
Exhaust Stack
Merupakan komponen
yang memiliki fungsi untuk menjauhkan asap hasil pembakaran dari driver atau
pengendara.